sisik ikan gurame
photo: amazon

Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi favorit banyak orang. Selain karena rasanya yang nikmat, ikan gurame juga memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan stamina.

Nah, buat kamu yang suka ikan gurame, maka kamu wajib baca artikel ini karena kebanyakan orang masih belum paham bagaimana cara memilih ikan gurami yang bagus dan berkualitas untuk dikonsumsi. Yuk disimak!

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Surabaya

1. Pilih gurame yang sisiknya mengkilap

sisik ikan gurame
photo: amazon

Sebelum membeli ikan gurame, ada baiknya kamu melihat tekstur sisiknya terlebih dahulu. Usahakan untuk memilih sisik yang mengkilap sebab itu artinya kualitas ikan masih terjaga. Berbeda dengan ikan gurame yang sisiknya kekuningan dan mudah lepas, maka artinya kualitas ikan sudah kurang baik.

2. Jangan pilih ikan dengan ukuran terlalu besar

ikan gurame mati
photo: okezone

Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak orang. Ya, membeli ikan gurame haruslah melihat kualitas, bukan kuantitas. Usahakan untuk memilih ukuran sedang. Sebab, yang terlampau besar menandakan usia gurame sudah tua sehingga tekstur dagingnya sedikit alot dan keras.

Baca juga: Rujak Kuah Pindang, Kuliner Nomor 1 di Bali

3. Tekan tubuh gurame secara perlahan

gurame
photo: youtube

Untuk mengetahui kualitas gurame, kamu juga bisa dengan cara menekannya secara perlahan. Jika kamu merasa daging masih kencang, itu artinya kualitasnya masih bagus. Sebaliknya, jika daging sudah lembek, maka kualitasnya sudah mulai menurun sehingga kesegarannya berkurang.

4. Perhatikan mata ikan gurame

ikan gurame
photo: pinterest

Selanjutnya, kamu juga bisa mengetahui kualitas gurame dengan melihat matanya. Teori ini sebenarnya teori lama dan bisa digunakan untuk berbagai jenis ikan, termasuk gurame. Usahakan untuk memilih ikan gurame yang matanya berbinar. Sebab, jika matanya sudah cekung ke dalam itu menandakan ikan sudah kurang segar.

5. Pastikan bau gurame tidak terlalu amis

ikan gurami
photo: okdogi

Semua ikan pada dasarnya memiliki aroma amis, termasuk gurame. Namun, saat aroma amisnya sangat menyengat, itu menandakan ikan sudah kurang segar. Maka dari itu, sebelum membeli gurami, ada baiknya kamu mencium aroma ikan terlebih dahulu.

Baca juga: Mie Apong, Kuliner Khas Jember yang Rasanya Mantul

6. Perhatikan lendir ikan gurame

gurami
photo: infoikan

Biasanya, ikan yang aroma amisnya menyengat tubuhnya licin dan berlendir. Ini menandakan kualitasnya sudah menurun. Oleh karenanya, sebelum membeli gurame, kamu bisa mengecek kualitasnya dengan memegang tubuh ikan. Jika tak terlalu licin dan tak terlalu berlendir, artinya ikan masih dalam kondisi segar.

7. Perhatikan warna insang gurame

insang ikan
photo: thefishsite.com

Cara ini memang sedikit rumit, tapi tidak ada salahnya kamu coba sebelum membeli gurame. Perhatikan tekstur insang dan warnanya. Ikan gurame segar punya insang kuat dan warna insang merah terang. Sebaliknya, ikan yang kurang segar punya tekstur lembek dan warnanya kecoklatan.

Nah, itulah beberapa cara memilih ikan gurame yang segar dan berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kuliner lainnya hanya di Gagaldiet.com ya!