bumbu dapur

Stok bumbu dapur masih banyak dan takut membusuk? Tenang, tak perlu khawatir karena kali ini Gagaldiet.com akan membagikan tips menyimpan bumbu dapur yang benar agar kondisinya masih tetap prima dan tak cepat membusuk. Nah, daripada terlalu lama, mending langsung saja simak yuk!

Pertama-tama, kita harus memisahkan terlebih dahulu bumbu tersebut menjadi dua jenis, yaitu basah dan kering. Tujuannya adalah agar tidak tercampur sehingga membuat bumbu semakin mudah membusuk. Pisah ke dalam dua tempat atau lebih.

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Bumbu dapur tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena bisa membuatnya mengering. Sehingga usahakan untuk tetap berada pada tempat yang sejuk.

2. Jauhkan dari Kompor

Kompor juga memiliki efek radiasi yang mirip dengan terkena matahari. Hal ini bisa menyebabkan bumbu dapur cepat mengering dan berubah warna.

3. Simpan dalam Wadah Tertutup

Untuk bumbu berukuran kecil seperti lada, ketumbar, simpan terpisah dalam wadah tertutup. Tutup dengan rapat dagar tak ada celah untuk serangga dan hama yang bisa membuat bumbu cepat busuk.

4. Menyimpan Bumbu Halus

Agar bumbu halus lebih awet, simpanlah pada wadah plastik yang tertutup rapat, kedap air dan kedap udara.

5. Menyimpan Bumbu Bubuk

Agar bumbu bubuk tidak cepat menggumpal, penyimpanannya ditaruh pada wadah plastik kedap udara dan tertutup rapat.

6. Daun – Daunan

Cara terbaik menyimpan daun-daunan ini adalah meletakkannya di wadah terbuka dan biarkan selalu kering. Untuk hasil maksimal, jauhkan dari sinar matahari langsung atau radiasi api kompor.