olos tegal

Bicara tentang kuliner Tegal, pasti kamu langsung ingat warteg, kan? Ya, Tegal memang identik dengan wartegnya yang melegenda. Sebab, hampir di setiap daerah di Nusantara, pasti ada warung Tegal yang menjadi incaran ketika kanker, alias kantong kering.

Namun, yang perlu kamu tahu bahwa kota Bahari ini punya banyak kuliner khas yang nikmatnya kebangetan. Penasaran apa aja kulinernya? Yuk disimak!

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

1. Kupad Glabed

kupat glabed

Kupad Glabed adalah makanan khas Tegal berbahan dasar ketupat dan kuah santan. Sekilas memang terlihat seperti ketupat kuah pada umumnya, tapi jangan salah, Kupat Glabed punya ciri khas pada kuahnya yang kental dan gurih karena terbuat dari santan dan tepung maizena.

2. Soto Tauco

soto tauco

Soto Tauco merupakan salah satu kuliner andalan di Tegal. Secara fisik, soto khas Tegal ini sudah jelas berbeda dengan soto biasanya. Ya, Soto Tauco atau Sauco merupakan soto yang berisi daging dan dipadukan dengan beraneka ragam rempah-rempah di dalamnya. Perpaduan antara rasa manis, asam, asin, dan gurih bisa membuat selera makan semakin meningkat.

Baca juga: 5 Menu Makanan yang Cocok Disajikan Saat Imlek

3. Olos

olos tegal

Olos adalah camilan khas Tegal yang terbuat dari tepung kanji dicampur tepung terigu dan diberi daging serta sayuran. Olos adalah makanan ringan paling favorit di Tegal sehingga di sepanjang jalan banyak yang menjualnya.

4. Tahu Aci

tahu aci

Tahu Aci merupakan makanan khas Tegal yang juga sering disebut sebagai tahu kuping atau tahu Tegal. Bentuknya khas, yaitu segitiga. Kabar punya kabar, Tahu Aci hanya diproduksi di Tegal loh, jadi kamu gak bisa nyicipi tahu ini di daerah lain.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Tegal yang direkomendasikan oleh Gagaldiet.com. Semoga bermanfaat, ya!